Kamis, 29 Desember 2011

Waktu yang tepat untuk minum kopi

Sebenernya kapan sich waktu yang tepat untuk minum kopi ???
Riset yang dipimpin oleh Professor Charles Spence dari Department of Experimental Psychology, Oxford University berhasil mengungkapkan formula jitu guna menghadirkan manfaat kopi. Resep itu kemudian diberi nama Elevens.

Formula elevens merupakan gabungan unsur F (rasa), E (lingkungan), P (tempat), C (Kopi), T (waktu) dan M (momen). Profesor Chrales kemudian menggabungkan setiap elemen menjadi rumus sebagai berikut : M = 0.5 x F + (0.5 x E + 0.3 x P + 0.15 x C + 0.05 xT.

Dari hasil risetnya, Profesor Spense mengungkapkan jam 11 pagi merupakan waktu terbaik untuk menyajikan secangkir kopi hangat. Hasil ini kemudian dituliskan dalam laporan berjudul 'Changing Tastes.' Buku ini turut menjelaskan bagaimana peneliti menyadari pentingnya faktor eksternal seperti lingkungan, interpretasi pikiran tentang rasa dan kenikmatan.

"Formula menggambarkan bagaimana menciptakan momen yang tepat untuk menyajikan kopi di rumah dan kantor. Kami mengerti waktu mempengaruhi rasa," tukasnya.
Dia juga melihat kondisi sensor motorik turut berpengaruh terhadap interpretasi rasa saat menikmati kopi, makanan ataupun minuman lain.

Sementara itu, Kevin Gould, Food Futurologist mengatakan, riset yang dikerjakan Professor Spense sangat penting guna menemukan kenikmatan sejati saat menyantap makanan atau minuman. 
Pada umumnya Hampir sebagian besar dari kita mengkonsumsi kopi pada saat merasa mengantuk. Kopi mengandung zat stimulan (cafein) yang mampu menstimulus otak (sistem syaraf pusat) peminumnya, sehingga ia merasakan kesegaran dan mendapatkan tambahan energi untuk melakukan aktivitas.

Namun kandungan cafein dalam kopi ternyata dapat menghambat penyerapan zat besi. Zat besi merupakan komponen utama dari hemoglobin, yaitu komponen darah yang berfungsi untuk mengikat oksigen dari paru-paru dan mendistribusikannya ke sel-sel tubuh. Dengan kata lain zat besi sangat penting untuk pernafasan sel. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anda terkena anemia. Apabila anda terkena anemia, maka tubuh menjadi lemas, lesu dan produktivitas anda berkurang. Wanita merupakan kelompok yang rawan sekali terkena anemia. Namun penyerapan zat besi dari makanan oleh tubuh hanyalah berkisar 10-15% saja. Sehingga keberadaan zat-zat yang dapat mengganggu penyerapan besi adalah signifikan sekali bagi ketersediaan zat besi bagi tubuh.

Jadi apa yang harus anda lakukan? Anda senang kopi namun anda juga wanita/pria yang terkena anemia...dan tugas menumpuk pula !! Para ahli menemukan apabila setelah makan kita meminum secangkir penyerapan zat besi akan menurun sebanyak 39% dibandingkan jika anda tidak meminum kopi setelah makan. Efek ini akan semakin meningkat apabila jumlah kopi yang dikonsumsi juga meningkat.

Namun, apabila kopi diminum 1 jam sebelum makan, tingkat penyerapan zat besi normal dan tidak mengalami gangguan. Tetapi jangan meminum kopi 1 jam setelah makan, karena cafein dalam kopi masih dapat mempengaruhi penyerapan zat besi.

Jadi jika anda makan siang jam 12, paling aman anda meminum secangkir kopi pada saat jam 2 siang. Sehingga zat besi yang susah payah anda makan pada menu makan siang tadi dapat diserap secara sempurna oleh tubuh, dan dapat digunakan untuk membantu produktivitas anda di kantor dan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar