Pengalaman Menerbitkan Buku di Guepedia

 



Bagi penulis pemula, setelah banyak menulis di medsos, di blog, di platform, atau di mana pun, keinginan yang utama adalah menerbitkan buku.

 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menerbitkan buku. Pertama, menerbitkan di penerbit mayor atau penerbit yang sudah punya nama (brand). Seperti Gramedia, Mizan, Bentang, GIP, dan lain-lain.

 

Menerbitkan buku di penerbit mayor tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi dengan syarat, naskah kita dinilai layak untuk diterbitkan, dan punya nilai jual. Dan proses penilaian naskah – layak atau tidaknya untuk diterbitkan – memakan waktu yang lama, berbulan-bulan.

 

Kedua, menerbitkan di penerbit minor atau sering disebut juga penerbit indie. Di penerbit indie sudah dipastikan naskah bisa diterbitkan. Dengan syarat kita menanggung semua biaya penerbitan. Dan itu disesuaikan dengan ketebalan naskah, jumlah eksemplar yang dicetak, dan lain-lain.

 

Ketiga, menerbitkan sendiri naskah kita, atau lebih dikenal dengan istilah Self Publishing. Semuanya dikerjakan sendiri, mulai dari proses menulis naskah, editing, desain cover, tata letak buku (lay-out), permohonan ISBN dan barcode di Perpustakaan Nasional RI, dan lain-lain.

 

Ada plus-minus menerbitkan buku dengan 3 cara di atas. Namun, artikel ini bukan untuk membahas itu. Lain kali akan ditulis plus-minus yang dimaksud.

 

Di artikel ini saya hanya ingin berbagi pengalaman saat menerbitkan buku di penerbit Guepedia.

Saya tidak tahu, kalau dengan klasifikasi penerbit di atas, penerbit Guepedia ini termasuk penerbit apa. Yang jelas, penerbit Guepedia menrima naskah kita tanpa memungut biaya sepeser pun, dengan seleksi (penilaian) yang tidak seketat penerbit mayor. Pengalaman saya, dalam waktu sebulan sudah ada keputusan apakah naskah kita layak diterbitkan atau tidak.

 

Saya sudah menerbitkan tiga buku di Guepedia. Life is Beautiful (antologi), 3 Dosa (kumpulan cerpen), dan 30 Kisah Inspirasi Al-Quran (kumpulan cerpen).

 

Penerbit Guepedia bisa menjadi alternatif untuk penulis pemula, yang tidak punya dana cukup, untuk menerbitkan naskah yang telah ditulisnya menjadi buku. Ketiga buku saya di atas diterbitkan tanpa biaya sepeser pun.

 

Syarat yang diminta Guepedia sangat mudah, yaitu

 

Pengaturan Naskah

·         Minimal 70 halaman A4, maksimal 300 halaman. Naskah harus dalam bentuk file word.

·         Jika naskah melebihi 300 halaman, maka naskah akan dipecah menjadi 2 atau 3 jilid

·         Font Bookman Old Style, 10 pt.

·         Spasi 1.5

·         Margin 2 cm.

·         Jika mempunyai cover buatan sendiri, pastikan resolusi gambar minimal 300 pixel dengan format psd, bukan jpg/jpeg/png/rar, dsb.

·         Jika tidak, maka Guepedia akan membuatkan covernya.

 

Ketentuan Isi Naskah

·         Tidak mengandung SARA, Pornografi, LGBT, plagiat, dan hal-hal yang menimbulkan kontroversi publik.

·         Daftar Pustaka jika buku non fiksi.

·         Didalam naskah harus tercantum Kata Pengantar, Daftar Isi Tanpa Nomor Halaman, Tentang Penulis dan Sinopsis.

·         Sinopsis harus menggambarkan keseluruhan isi naskah secara jelas, bukan hanya penggalan dari isi naskah atau sekadar kata-kata yang tidak menceritakan isi naskah.

 

 

Demikian pengalaman saya menerbitkan buku di Guepedia. Semoga bermanfaat.

Komentar