Minggu, 23 Mei 2010

Cara Membangun Empat Kecerdasan Menjual Tanpa Ditolak (Seri Sales Magic)

by Tung Desem Waringin

Dalam dunia bisnis, aktivitas selling merupakan ujung tombak yang sangat vital. Banyak hal dilakukan untuk meningkatkan omzet dengan berbagai training, seminar, maupun workshop. Hal utama yang harus dimiliki seorang sales adalah ”kecerdasan”. Disini akan saya uraikan 4 kecerdasan yang telah terbukti berhasil & sukses dipakai para salesman tingkat dunia yaitu kecerdasan membangun kepercayaan pelanggan (Building Trust), kecerdasan membangun kebutuhan pelanggan (Buidling Need), kecerdasan memecahkan masalah (Customer Give Solution), dan kecerdasan melakukan closing penjualan (Close the Sales). Empat pilar kecerdasan tersebut sudah terbukti keampuhannya dalam dunia sales.
Sekarang saya akan bahas satu persatu dari keempat pilar kecerdasan tersebut. Pilar pertama adalah kecerdasan membangun kepercayaan pelanggan (Building Trust). Ada tiga hal dalam membangun kepercayaan pelanggan yaitu 



1. Reputasi dan Referensi
Reputasi dan Referensi adalah hal sangat penting dibutuhkan untuk membangun sebuah kepercayaan terhadap pelanggan, meskipun tidak berlaku bagi semua orang. Hal tersebut sebagai jaminan kualitas atas produk atau jasa yang kita ditawarkan. Akan sangat menunjang sekali jika ada testimony juga dari para publik figur akan produk atau jasa yang kita tawarkan. Ada lima faktor dalam membangun reputasi dan referensi yaitu

  1. Penampilan / Posture
Penampilan yang dimaksud disini tidak hanya secara fisik. Tetapi juga menyangkut sikap, tata bahasa, dan bahasa tubuh (body language). Dalam berpenampilan yang menarik sangat diperlukan sikap yang positif dan mau menghargai orang lain. Ada enam faktor dalam membangun sikap positif atau sikap menarik yaitu:
#   Senyum
Senyum merupakan hal paling murah yang kadang sulit dilakukan manusia untuk menyenangkan orang lain. Untuk membangun sikap positif tidak perlu dengan berpakaian mahal atau bermerk, tetapi berikan senyum tulus dan terbaik yang anda punyai kepada setiap orang yang anda tawarkan produk atau jasa anda. Orang tidak akan melihat warna gigi anda, tetapi mereka melihat ketulusan anda dalam memberikan senyum pada mereka. Mulai sekarang, berikan senyum terbaik anda setiap hari pada semua pelanggan dan calon pelanggan anda.
#  Penampilan Percaya Diri ( AURA POSITIF yang bisa anda tunjukkan )
Dengan penampilan percaya diri akan menambah kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan yang akan bertransaksi dengan kita. Berikan penjelasan akan keuntungan memakai produk atau jasa yang anda tawarkan serta berikan informasi yang jujur.
#  KOMUNIKATIF dengan calon prospek baru dengan CARA BERTANYA
Untuk mengetahui tertarik tidaknya calon konsumen akan produk atau jasa yang kita tawarkan dengan jalan bertanya dan mendengarkan apa yang diinginkan konsumen ketika mereka membeli. Lihat bahasa tubuhnya ketika anda mulai menawarkan, sehingga anda mampu membuat penawaran yang menarik dan tidak terkesan hanya jual janji atau omong kosong belaka.
#  Sesuaikan Warna Pakaian yang ANDA pakai (JANGAN PAKAI KAOS).
Dengan memakai pakaian yang “matching” dan serasi, akan menimbulkan rasa percaya diri dalam melakukan penjualan produk atau jasa. Dalam setiap melakukan aktivitas penawaran produk atau jasa, usahakan berpakaian rapi, bersih, dan wangi. Jangan memakai KAOS ketika anda melakukan penawaran ke calon konsumen.
#   JANGAN pakai AKSESORIES yang NORAK.
Ketika berpakaian jangan menggunakan aksesories yang sangat norak dan kampungan. Semisal memakai gelang rantai, gelang karet, cincin akik yang besar, jam tangan gaul, anting-anting dihidung, dll. Berpakaianlah layaknya eksekutif muda yang punya bisnis pribadi.
#   Berbusana
People notice your clothes when you are badly dressed. When you are well-dressed, they notice the person.

  1. Gelar / Jabatan
Dengan menambahkan gelar atau jabatan pada nama anda, akan membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan dalam bertransaksi dengan anda. Terutama dalam kartu nama hal tersebut sangat bermanfaat sekali, karena merepresentatifkan posisi dan jabatan apa yang anda pegang. Alangkah lebih meyakinkan jabatan anda sebagai Sales Executive tetapi ditulis dengan Account Manager di kartu nama. Hal tersebut sudah terbukti di beberapa perusahaan terutama perusahaan keuangan.

  1. Merk / Nama Besar
Dalam penjualan, merk/nama besar merupakan selling point yang sangat tinggi untuk meyakinkan calon konsumen. Tapi hal tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa diimbangi dengan kualitas produk atau jasa serta ketrampilan sales dalam melakukan penawaran/penjualan.
  1. Catatan Prestasi
Catatan prestasi sangat penting untuk menarik calon konsumen dalam membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Cantumkan penghargaan apa yang telah diterima oleh produk atau jasa yang anda jual sebagai bentuk pengakuan dari konsumen akan keberadan produk atau jasa tersebut. Semakin banyak catatan prestasi yang diraih, semakin bagus pula tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa dari perusahaan anda. Ikuti setiap event yang dapat memberikan catatan prestasi pada produk atau jasa yang anda jual.

  1. Edifikasi
Ceritakan kesuksesan produk atau jasa yang anda jual kebanyak orang, sehingga orang tertarik dan berani mencoba untuk membuktikan kualitas dan manfaat dari apa yang anda jual. Mintalah testimoni dari orang-orang yang terkenal (publik figur) ketika mereka memakai produk atau jasa dari perusahaan anda. Hal tersebut sangat penting untuk mempengaruhi minat dan kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang anda jual.

2. Keakraban dan Kemiripan (Magis Happend)
# Membangun Topik : Bertanya ttg Hobby, Pekerjaan, dsb
# Melakukan Gerakan yang Sama ( selisih 10 detik) (Nafas, Kualitas Suara, Pilihan Kata : Harus Sama)

3. Kongkruen (Aura Positif / Percaya Diri)
# Apa yang kita katakan, ekspresi kita memberikan getaran yang betul-betul bisa dirasakan keyakinannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar