Kamis, 24 Juni 2010

BERHARAP ADA PERUBAHAN TANPA MELAKUKAN PERUBAHAN

Seringkali kita berharap ada perubahan dramatis dalam hidup kita, ada peningkatan yang melesat dalam kehidupan, tetapi lucunya kita tidak melakukan perubahan apa-apa untuk mencapainya.
Dalam kehidupan atau dalam bisnis Kita sering mengharapkan hasil yang berbeda dari sebuah cara dalam pekerjaan yang sama. Suatu hal yang jarang terjadi atau kemungkinannya sangat kecil.

Misalnya Kita saat ini menjadi pegawai yang biasa-biasa saja. Berangkat jam 7 pagi sampai rumah lagi jam 8 malam setelah itu menonton sinetron atau gossip lalu tidur. Dalam bekerjapun kita tidak melakukan yang terbaik, biasa-biasa saja.

Anehnya kita mengharapkan terjadi sesuatu yang berbeda untuk cara kita yang sama dan biasa-biasa saja. Kita mengharapkan penghasilan kita naik menjadi 10 kali lipat atau 100 kali lipat dengan cara yang sama dan biasa-biasa saja. Apakah bisa? Walaupun ada kemungkinannya tetapi sangat jarang terjadi. Kalaupun ada itu keberuntungan semata.

Sebelum tahun 1987 masyarakat depok bekerja begitu begitu saja dan biasa-biasa saja. Ada yang dengan cara biasa tetapi penghasilannya menjadi 10 kali lipat bahkan ada yang 100 kali lipat karena pada tahun 1987 kampus UI pindah ke depok dan harga tanah meningkat berkali-kali lipat.

Ini adalah keberuntungan dan hal yang jarang terjadi. Tapi kalau dengan cara itu kita mengharapkan penghasilan kita meningkat 10 atau 100 kali lipat itu sama saja dengan berjudi. Terbukti ada yang mau menjual tanahnya seharga 1 milyar dengan menolak skema ganti rugi dari pemerintah akhirnya tidak mendapat sepeserpun. Mau untung malah jadi buntung. Kalau kita mengharapkan dengan cara yang sama dan biasa saja tapi mengharapkan hasil yang berbeda maka hal ini sangat jarang terjadi.

Ayo! Mulai sekarang kita tekadkan pada diri kita untuk tidak melakukan cara yang sama dan biasa-biasa saja. Kita harus mulai berfikir di luar kotak. Misalnya sebagian gaji kita, kita sisihkan untuk investasi, misalnya membuka laundry kiloan di garasi rumah, atau jualan yang pasti dibutuhkan semua orang misalnya makanan atau pulsa, tapi makanan masih ada resiko basi, kalau pulsa tidak, atau yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar