Tambahin 1000 atau 500 saja

Saudaraku pembaca semua…

Jika anda..

nambah angin sepeda motor anda yg kempes
tambahin 1000 rupiah atau 500 bayarannya dari yang biasa

Parkir mobil atau motor
Kalau kelihatan tukang parkirnya sudah tua, kelihatan lelah
Tambahin 1000 rupiah atau 500 dari biasanya
 
Isi bensin, minta isi 14 ribu atau 19 ribu
Kemudian bayar 15 ribu atau 20 ribu dan jangan minta kembaliannya

Beli sesuatu di warung kecil
Tambah 1000 rupiah atau 500 dari harga barang yang anda beli

Makan di warteg
Tambahin 1000 rupiah atau 500 dari harga yang diminta si ibu warung

Image result for uang 1000

Kenapa…?

Sebelum menjawab, saya akan menceritakan sebuah kisah

Suatu hari ada seorang pemilik perahu meminta tukang cat untuk mencat ulang perahunya.
Dia sendiri pergi ke luar kota untuk 2 hari.
Tukang cat pun kemudian mengerjakan tugasnya.
Saat tukang cat mau mencat bagian bawah dari perahu, dia melihat ada lubang kecil di dasar perahu itu,
Tukang cat pun menambal lubang itu, kemudian melanjutkan mengecatnya.

Setelah pengerjaan pengecatan selesai, perahu itu pun dipakai anak-anak si pemilik perahu utk memancing.

Dua hari kemudian, setelah si pemilik perahu pulang dipanggillah si tukang cat, untuk diberikan upahnya.

Si tukang cat kaget, karena si pemilik perahu memberi upah 5 kali lipat lebih besar dari yang disepakati.
Si tukang cat pun bertanya,
“ya tuan, kenapa anda membayar saya begitu besar, padahal kemarin kita sudah sepakat?”
“tidak apa-apa, saya sangat senang dengan pekerjaan anda”. Begitu jawab si pemilik perahu
“tapi saya jadi ga enak tuan.”
“begini sebenarnya…..  bayaran itu saya tambahkan sebagai rasa terima kasih saya karena anda telah menambal perahu saya yang bocor.”
“lah.. itu kan pekerjaan kecil tuan, pekerjaan biasa, saya melihat ada yang bocor ya… saya tambal”
“tapi tidak seperti itu sebenarnya, tahukah anda…  sebelum saya keluar kota, saya lupa memberi tahu anda bahwa ada yang bocor, begitu juga saya lupa memberitahu anak-anak bahwa perahunya bocor. Dan saya sangat kaget ketika diberitahu istri saya bahwa anak-anak memancing menggunakan perahu itu. Coba bayangin pak, kalo anda tidak menambal perahu itu, bagaimana jadinya nasib anak-anak saya, itu yang saya pikirkan selama perjalanan pulang.
Tapi berbahagia sekali saya, setelah mengetahui anda sudah menambal yang bocor sehingga anak-anak selamat.
Jadi bayaran ini sebagai rasa bahagia saya, rasa senang saya, mohon diterima”.

Mendengar penjelasan itu, si tukang cat pun menerima bayarannya.

Saudaraku, apa yang kita dapat dari kisah di atas?

Jangan remehkan sebuah pekerjaan (perbuatan/amal). Walau itu emang pekerjaan (perbuatan/amal) sederhana.
Karena siapa tau, pekerjaan sederhana itu bagi seseorang adalah sesuatun yg penting.
Seperti pekerjaan menambal perahu yg bocor tadi.
Itu adalah pekerjaan ringan, pekerjaan biasa, bagi si tukang cat.
Tapi bagi si pemilik perahu, itu adalah pekerjaan penting yang menyelamatkan anak-anaknya.

Jadi, jangan anggap kecil sebuah amal sederhana.

Kembali ke ‘tambahin 1000 atau 500 saja’

Jadi, jangan anggap enteng uang 1000 rupiah atau 500 anda,

Bagi anda itu mungkin kecil
Tapi untuk yang anda beri, uang 1000 atau 500 rupiah itu mungkin jumlah yang menentukan

Kita misalkan saja, tukan tambal ban dimana anda tadi nambah angin
Saat anda beri 1000 rupiah, mungkin saat itu dia lagi butuh tambahan uang seribu buat beli nasi bungkus, mungkin lama dia menunggu yg datang.

Atau tukang parkir, mungkin tambahan 1000 rupiah dari anda tadi membuat sejumlah uang yang dibawa kerumahnya pas dengan yang dibutuhkannya.

Jadi, tambahin 1000 atau 500 rupiah saja, ga sulit kok

baik, semoga bermanfaat
selama beraktivitas

Komentar