Day22 - Bahaya Dengki

 




Salah satu perlindungan yang kita mohonkan kepada Allah adalah dari kejahatan orang-orang yang hasad atau dengki.

 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman di surat Al-Falaq ayat ke-5:

"dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

 

Apa itu dengki atau hasad?

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dengki adalah 'Menaruh perasaan marah (benci, tidak suka) karena iri yang amat sangat kepada keberuntungan orang lain'.

 

Makna dengki menurut kitab 'Nashaihud Diniyyah' karya Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad adalah perasaan tidak senang dalam hati seseorang terhadap kenikmatan yang Allah berikan kepada orang yang lain, baik dalam hal agama maupun dunia. Bahkan merasa senang jika kenikmatan tersebut hilang dari seseorang, atau paling tidak ia mengharap hilangnya nikmat itu dari seseorang meskipun ia juga tidak dapat memilikinya.

 

Sederhananya, orang yang dengki itu selalu 'Sedih lihat orang lain senang, dan senang lihat orang lain sedih'.

 

Bahayanya dengki dibuktikan dengan disatukannya kejahatan dengki dengan tiga kejahatan lain (kejahatan makhluk, kejahatan malam gelap gulita, dan kejahatan perempuan penyihir) yang kita mohonkan perlindungan kepada Allah swt, dalam surat Al-Falaq.

 

Orang yang dengki memang berbahaya. Tetapi lebih berbahaya lagi kalau kita yang menjadi pendengkinya, atau orang yang suka dengki pada orang lain.

 

Rasulullah saw bersabda,

"Jauhilah dengki, karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api neraka memakan kayu bakar." (HR. Abu Dawud)

 

Maksudnya, pahala amal ibadah kita hangus terbakar oleh sikap dengki kita. Tentu saja itu sangat merugikan. Ibadah siang-malam, tapi hilang terbakar dengki.

 

Di hadis yang lain Beliau bersabda,

"Iman dan dengki tidak berkumpul dalam hati seorang manusia." (HR. Nasa'i dari Abu Hurairah)

 

Maksudnya, seseorang itu jika ia beriman maka tidak akan menjadi pendengki. Sebaliknya, jika hatinya dipenuhi rasa dengki, maka di dalam hatinya tidak ada iman.

 

Selain merugikan diri sendiri, sikap dengki juga akan berpengaruh negatif pada hubungan sosial dengan orang lain. Berikut beberapa efek negatif dari sikap dengki:

 

1. Dengki dapat membuat hubungan sosial antara individu menjadi buruk karena dapat menyebabkan perasaan cemburu, iri, dan tidak menyenangkan. Karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik antara individu dan dapat memperburuk hubungan sosial.

 

2. Orang yang selalu merasa dengki dapat mengalami tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Hal ini dapat memicu munculnya gejala depresi dan dapat memperburuk kondisi kesehatan mental.

 

3. Orang yang merasa dengki terhadap orang lain cenderung merasa tidak percaya diri dan merasa rendah diri. Hal ini dapat mengganggu kemampuan mereka untuk berkembang secara pribadi dan profesional.

 

4. Dengki dapat mengganggu produktivitas seseorang karena dapat membuat mereka tidak fokus pada tugas atau pekerjaan yang sedang dijalankan. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja mereka dan dapat berdampak negatif pada karier dan kehidupan sehari-hari.

 

5. Dengki dapat memicu tindakan yang tidak etis seperti pencurian, penipuan, atau tindakan kekerasan. Hal ini dapat membahayakan keamanan dan kesejahteraan individu dan masyarakat secara umum.

 

Berikut adalah beberapa sikap dengki yang harus kita jauhi:

 

1. Merasa iri terhadap keberhasilan orang lain, baik itu dalam pekerjaan, hubungan, atau kehidupan pribadi.

2. Meremehkan atau melecehkan orang lain, baik dengan mengritik, seolah menasihati, atau dengan sikap.

3. Menjauhi atau mengurangi interaksi dengan orang yang berhasil, karena merasa tidak nyaman.

4. Orang yang punya perasaan dengki cenderung memperlihatkan kebahagiaan palsu atau menyembunyikan perasaan iri atau tidak senang.

5. Berusaha merusak atau merugikan orang lain yang dianggapnya sebagai pesaing, sebagai bentuk balas dendam atau sebagai upaya untuk mengurangi keberhasilan orang tersebut.


Semoga kita terlindungi dari kejahatan orang-orang yang dengki kepada kita, dan - yang lebih penting - kita terhindar dari memiliki rasa dengki kepada orang lain.


Komentar